200 TB Rangers Siap Jalankan Magang Campus Leaders Program Batch 7 untuk Menekan TBC di 6 Provinsi

Selamat datang Dapurku di Situs Kami!

JAKARTA – 200 mahasiswa terbaik yang lolos seleksi magang kampus unggulan angkatan 7 berhasil mengikuti pembukaan magang secara online (onboarding) pada Senin, 7 Agustus 2023. 200 TB Rangers Siap Jalankan Magang Campus Leaders Program Batch 7 untuk Menekan TBC di 6 Provinsi

200 mahasiswa yang dikenal sebagai TB Rangers ini akan melakukan magang selama satu semester dengan organisasi mitra pemantauan TBC di enam provinsi: Sumatera Utara, Lampang, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan.

Program Magang Kepemimpinan Kampus Angkatan 7 merupakan salah satu implementasi proyek kolaborasi multinasional dan multi-tahun untuk memberantas tuberkulosis di Indonesia sebelum tahun 2030. 20 Contoh Kalimat Present Perfect Tense, Pengertian, dan Rumusnya

Seperti kita ketahui bersama, TBC merupakan penyakit paling mematikan setelah Covid-19 di Indonesia. Berdasarkan Laporan Tuberkulosis Dunia 2022, Indonesia merupakan negara dengan jumlah penderita TBC terbanyak kedua. Tertinggi di dunia, kedua setelah India. Diperkirakan Indonesia akan memiliki 969 ribu kasus TBC pada tahun 2021.

Rencana kerja sama nasional multi-stakeholder dan multi-tahun untuk memberantas tuberkulosis di Indonesia sebelum tahun 2030. Kerjasama proyek dengan pemegang saham Hexa Helix. Kerjasama ini menjadi jembatan antara pemerintah, akademisi, komunitas/masyarakat, dunia usaha dan media untuk bersama-sama mendukung percepatan pemberantasan TBC di Indonesia.

Inisiasi magang ini dihadiri oleh Deputi Koordinator Peningkatan Mutu Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan, Koordinator Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Direktur Departemen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan. . Ketua Program Studi Independen Bersertifikat Kementerian Pendidikan Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Direktur Institut Internasional Wilayah III Kementerian Dalam Negeri Indonesia, Wakil Presiden. Kesehatan Kadin Indonesia, Wakil Ketua Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Kadin Indonesia, Presiden dan Pendiri Yayasan Bakri Center serta CEO Yayasan Bakri Center.

Selain itu, terdapat perwakilan organisasi koperasi yang menjadi pendamping peserta pelatihan: Yayasan Mentari Meraki Asa Sumatera Utara, Inisiatif Lampung Sehat, Konsorsium SR Penabulu Jawa Barat, Mentari Sehat Indonesia Jawa Tengah, Banu Yasa. Yayasan Sejahtera Jawa Timur, dan Yayasan Masyarakat Peduli TBC Sulawesi Selatan. Dalam program magang ini, mahasiswa yang dikenal dengan sebutan TB Rangers terjun langsung ke masyarakat untuk belajar dan melakukan penelitian guna mencari cara mencegah dan memberantas TBC.

“Salah satu Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) adalah mencapai kesehatan seluruh masyarakat. TBC merupakan ancaman tidak hanya dari segi kesehatan, tetapi juga dari segi sosial ekonomi. Saya mengajak seluruh pelajar, mereka yang mendorong perubahan, bekerja sama mencegah TBC dengan memberikan informasi yang benar tentang TBC. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan RI Imran Pambudi dalam sambutannya mengatakan “Saya yakin bersama TBC Rangers ini kita bisa melawan TBC” .

Sistem Magang Program Pimpinan Kampus diakui setara dengan Program Magang dan Studi Mandiri (MSIB). Universitas dapat menukarkan hasil magang mahasiswa sebanyak-banyaknya 20 SKS (SKS). Hal tersebut dibenarkan oleh Wachyu Hari Haji, Kepala Program MSIB Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

“Kami berterima kasih kepada Yayasan Bakrie Center yang telah memulai magang untuk proyek kerjasama percepatan pemberantasan TBC. Proyek ini sejalan dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). “Melakukan program magang ini sangat baik karena mahasiswa belajar segera seperti apa kehidupan sebenarnya dan bagaimana menyelesaikan permasalahan yang mereka hadapi di masyarakat,” kata Wachu.

Kegiatan magang ini didukung oleh KADIN Indonesia, ujar Bapak Heru Dewanto, Wakil Presiden Pendidikan KADIN Indonesia. Program Magang Pimpinan Kampus 7 dinilai dapat mendorong partisipasi aktif generasi muda dalam memerangi tuberkulosis.

“KADIN Indonesia mengapresiasi program magang dan kemitraan ini. Bapak Hairur dalam sambutannya menyampaikan, “Kami berharap para mahasiswa yang bersangkutan dapat menggali potensi diri dan memberikan kontribusi yang setinggi-tingginya kepada masyarakat.

TB Rangers akan melaksanakan magang mulai sekarang pada tanggal 7 Agustus 2023 hingga Desember 2023. 200 peserta pelatihan TB Rangers dari berbagai universitas terpilih menjadi pelatih Campus Leaders Program 7. 12 diantaranya telah bekerjasama dengan BCF, Universitas Sumatera Utara, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Universitas Lampung, Padjadjaran, Institut Teknologi Bandung, Universitas Diponegoro, Universitas Muhammadiyah Semarang, Universitas Airlangga, Universitas Negeri Malang, Universitas Hasanudin, dan STIK Tamalate Makassar. 200 TB Rangers Siap Jalankan Magang Campus Leaders Program Batch 7 untuk Menekan TBC di 6 Provinsi

Anindya Bakri, pendiri dan presiden BCF, menjelaskan: “Kegiatan ini merupakan upaya kolaborasi nasional kita untuk segera memberantas tuberkulosis, dengan mengirimkan dukungan sumber daya manusia dari mahasiswa dan dosen untuk membantu mengembangkan dan memperkuat lembaga-lembaga sosial untuk mencapai tujuan provinsi dan nasional. Tuberkulosis,” .

Dengan mendukung sumber daya manusia mahasiswa pada program magang, kami berharap dapat berkontribusi dalam pencarian penderita tuberkulosis pada tahun 2023 yang diharapkan mencapai 90%. Hari Pers Nasional, Keo Seng ingatkan wartawan Komunitas pendidikan independen Kaesang Pangarep mengucapkan selamat Hari Pers Nasional (HPN) 2024. Menurutnya, pemilik media harus mempertimbangkan kesejahteraan jurnalis. Dapurku 9 Februari 2024